Benarkah sehat itu mudah dan sederhana?

Benar sekali, hidup sehat dapat dimulai dengan langkah-langkah kecil dan sederhana yang dapat kita lakukan setiap hari, contohnya mulailah rutin melakukan olahraga ringan, mengatur pola makan dan pola tidur, kurangi stress, dan perbanyak minum air putih.

Kita sering lupa bahwa 70 % tubuh kita adalah air, maka langkah sederhana namun sangat penting untuk kesehatan kita setiap harinya adalah dengan menjaga dan memastikan bahwa tubuh kita terhidrasi dengan baik. Karena saat tubuh kita terkena dehidrasi maka berbagai gangguan kesehatan mulai dari yang ringan seperti pusing dan kulit kering hingga yang terbahaya yaitu kehilangan kesadaran bahkan kematian siap mengancam diri kita. Berdasarkan penelitian medis, Orang yang kurang minum ternyata 49% lebih rentan terkena kanker kantung kemih.

Tahukah kita bahwa menurut penelitian IOM tahun 2004, rata-rata asupan minimal cairan orang dewasa yang baik adalah 2,7 L untuk pria dan 2,2 L untuk wanita, dengan catatan orang tersebut tidak berkeringat dan tidak melakukan aktivitas tinggi, serta cuaca tidak panas. Asupan cairan ini 81% nya berasal dari minuman, dan 19% nya berasal dari makanan.

Berikut ini tips-tips yang dapat kita terapkan agar tubuh kita terhidrasi dengan baik setiap harinya :

1. Alangkah baiknya kita memiliki pola minum, misalkan 1 jam sekali kita minum 1 gelas air mineral. Dengan pola ini tanpa kita sadari kebutuhan air kita akan tercukupi dan akan membantu meringankan kerja ginjal, karena cairan yang masuk jumlahnya tidak langsung banyak. Saat ini sudah banyak aplikasi yang dapat kita download untuk membantu mengingatkan kita untuk minum secara rutin dan terukur

2. Ingatlah untuk minum setiap saat makan atau mengemil

3. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran, karena 19% asupan cairan berasal dari makanan terutama buah dan sayur

4. Siapkan selalu botol air minum di mobil, di kantor, dan di dalam tas Anda. Dekatkan selalu gelas atau botol minum di dalam jarak pandang mata kita, maka tanpa kita sadari kita akan minum lebih sering

5. Pilihlah air mineral dibandingkan air berkalori tinggi seperti yang berasa manis atau minuman bersoda.